game prossesing 2.0



 
SuffleSquare, yaitu salah satu dari banyank game di prossesing yang di publish oleh cym net ,prossesing adalah bahasa pemrograman (dengan java juga bisa) yang  open source untuk memprogram gambar bebasis 2 dimensi , dalam membuat game prossesor maka kita haru download software prossesornya di website resminya dan ini gratis,  di www.prossesing.org atu di website lain, kemudian unduh dan instalasi. dan seperti ini hasilnya.

biasanya folder prosesing akan ada di library - document – prosesing. dan gunakan kita bisa download game game yang sudah jadi di www.openprossesing,org dan unduh, setelah di unduh kita ektrak ke direktri tadi  library - document – prossesing setela itu jalankan alplikasi prosesingnya di  jalankan yang prossesing.exe, lalu  open folder download yang tadi sudah di ektrak ke library - document – prosesing dan pilih yang ber extention .pde dengan mana yang sesui dengan nama folder misal nama folder nya aku game maka file yang di open yaitu akugame.pde lalu run, jika sudah bisa  kita akan edit sesuai dengan keiinginan kita, atau lebi bagus di kebangkangkan lagi asal tidak melupakan pembuat game awalanya. Disini saya menggunakan sufflesquare yaiu game menyususun kotak yang bertuliskan 1 -9 dengan urut denan formasi seberti gambar di bawah ini untuk mencapai goal.

 gambar diatas yaitu gambar dimana seharusnya angkat angka tersusun untuk menang. kemudian berikut potongan  listing programnya / sintak  jika mau donwload secara penuh  bisa klik di sini http://www.openprocessing.org/sketch/4888 untuk mendapatkan sintak  berikut image nya,









 penjelasan singkat tentang sintak diatas, yaitu
yaitu memebri warna dasar pada bacgraun, pada kotak angka, pada kotak kosong atau (space). lalu
void setup() {
  size(400,300);
  background(backgroundColor);
  frameRate(15);
 
  playing = false;
  gameOver = false;
  totalMoves = 0;

  newEmptyLocation = 0;
  newEmptyX = 350;
  newEmptyY = 250;

yaitu ukuran dari window game selah di run,  memnettukan posisi dari kotak kosong tersebut dalam posisi x dan posisi y

squares[0] = new SquareButton(350,250,0);
  squares[1] = new SquareButton(50,50,1);
  squares[2] = new SquareButton(150,50,2);
  squares[3] = new SquareButton(250,50,3);
  squares[4] = new SquareButton(50,150,4);
  squares[5] = new SquareButton(150,150,5);
  squares[6] = new SquareButton(250,150,6);
  squares[7] = new SquareButton(50,250,7);
  squares[8] = new SquareButton(150,250,8);
  squares[9] = new SquareButton(250,250,9);
  empty = new SquareEmpty(350,250,0);

dan kemudian letak atau posisi dari sequar square angka

void shuffleSquares(){
  int shuffleMoves = 0;
  int oldSelected = 0;
  int selected = 9;
  while(shuffleMoves<=99) {
    if(selected!=oldSelected) {
      playSquare(selected);
      oldSelected = selected;
      shuffleMoves++;
    }
    selected = int(random(8))+1;
  }
  playing=true;
}
 kalo tidak salah sintak ini untuk mengacak setiap game again, atau setaipa kali bermain maka posisi dari angka dan posisi kotak koso ng selalu berubah ubah, dan berbeda.

void playSquare(int selected) {
    switch(squares[selected].location) {
       case 1:
         if(empty.location==2 ||
            empty.location==4) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 2:
         if(empty.location==1 ||
            empty.location==3 ||
            empty.location==5) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 3:
         if(empty.location==2 ||
            empty.location==6) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 4:
         if(empty.location==1 ||
            empty.location==5 ||
            empty.location==7) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 5:
         if(empty.location==2 ||
            empty.location==4 ||
            empty.location==6 ||
            empty.location==8) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 6:
         if(empty.location==3 ||
            empty.location==5 ||
            empty.location==9) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 7:
         if(empty.location==4 ||
            empty.location==8) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 8:
         if(empty.location==5 ||
            empty.location==7 ||
            empty.location==9) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 9:
         if(empty.location==6 ||
            empty.location==8 ||
            empty.location==0) { moveSquare(selected); }
         break;
       case 0:
         if (empty.location==9) {
            moveSquare(selected);
          /* the game can only finish when the piece on field 0 is moved
             check if the game is solved correctly */
            checkResult();
        }
        break;
    }
}
 kemudian disini menggunakan switch case  dimana akan mengatul letak letak jika berpindah si kotak kosong nya dengan menggunakan mouse untuk memindahkannya... dan masih ada lagi sintak berikut berikutnya...  setelah itu kita akan run dan hasilnya sperti ini
 gambar diatas yaitu gambar setelah di running dan tugas user atau pemain yaitu menyusunnya agar menjadi     123
                  456
                  789

cara bermain, klik dengan mouse angka atau square yang akan di pindah , lalu posisikan sperti di atas, jika sudah maka akan seperti nampak di bawah ini

untuk memenangkan permainan jika sudah  menang maka akan seperti ini
 karena didalam sintak aa perintah mengganti warna, dan untuk mencocokan benar atau ditak menggunakan bolean. kurang lebihnya sepert itu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka Sepeda Motor Vixion 2012

Cara Membuat/ Menambah Pohon pada blender 3D