game prossesing 2.0
biasanya folder prosesing
akan ada di library - document – prosesing. dan gunakan kita bisa download
game game yang sudah jadi di www.openprossesing,org
dan unduh, setelah di unduh kita ektrak ke direktri tadi library - document – prossesing setela itu
jalankan alplikasi prosesingnya di
jalankan yang prossesing.exe, lalu
open folder download yang tadi sudah di ektrak ke library - document –
prosesing dan pilih yang ber extention .pde dengan mana yang sesui dengan nama
folder misal nama folder nya aku game maka file yang di open yaitu akugame.pde
lalu run, jika sudah bisa kita akan edit
sesuai dengan keiinginan kita, atau lebi bagus di kebangkangkan lagi asal tidak
melupakan pembuat game awalanya. Disini saya menggunakan sufflesquare yaiu game
menyususun kotak yang bertuliskan 1 -9 dengan urut denan formasi seberti gambar
di bawah ini untuk mencapai goal.
gambar diatas yaitu
gambar dimana seharusnya angkat angka tersusun untuk menang. kemudian berikut potongan
listing programnya / sintak jika mau donwload secara penuh bisa klik di sini http://www.openprocessing.org/sketch/4888 untuk mendapatkan sintak berikut image nya,
penjelasan singkat tentang sintak diatas, yaitu
yaitu memebri warna dasar pada bacgraun, pada kotak angka, pada kotak kosong atau (space). lalu
void setup() {
size(400,300);
background(backgroundColor);
frameRate(15);
playing = false;
gameOver = false;
totalMoves = 0;
newEmptyLocation = 0;
newEmptyX = 350;
newEmptyY = 250;
size(400,300);
background(backgroundColor);
frameRate(15);
playing = false;
gameOver = false;
totalMoves = 0;
newEmptyLocation = 0;
newEmptyX = 350;
newEmptyY = 250;
yaitu ukuran dari window game selah di run, memnettukan posisi dari kotak kosong tersebut dalam posisi x dan posisi y
squares[0] = new SquareButton(350,250,0);
squares[1] = new SquareButton(50,50,1);
squares[2] = new SquareButton(150,50,2);
squares[3] = new SquareButton(250,50,3);
squares[4] = new SquareButton(50,150,4);
squares[5] = new SquareButton(150,150,5);
squares[6] = new SquareButton(250,150,6);
squares[7] = new SquareButton(50,250,7);
squares[8] = new SquareButton(150,250,8);
squares[9] = new SquareButton(250,250,9);
empty = new SquareEmpty(350,250,0);
squares[1] = new SquareButton(50,50,1);
squares[2] = new SquareButton(150,50,2);
squares[3] = new SquareButton(250,50,3);
squares[4] = new SquareButton(50,150,4);
squares[5] = new SquareButton(150,150,5);
squares[6] = new SquareButton(250,150,6);
squares[7] = new SquareButton(50,250,7);
squares[8] = new SquareButton(150,250,8);
squares[9] = new SquareButton(250,250,9);
empty = new SquareEmpty(350,250,0);
void shuffleSquares(){
int shuffleMoves = 0;
int oldSelected = 0;
int selected = 9;
while(shuffleMoves<=99) {
if(selected!=oldSelected) {
playSquare(selected);
oldSelected = selected;
shuffleMoves++;
}
selected = int(random(8))+1;
}
playing=true;
}
int shuffleMoves = 0;
int oldSelected = 0;
int selected = 9;
while(shuffleMoves<=99) {
if(selected!=oldSelected) {
playSquare(selected);
oldSelected = selected;
shuffleMoves++;
}
selected = int(random(8))+1;
}
playing=true;
}
kalo
tidak salah sintak ini untuk mengacak setiap game again, atau setaipa
kali bermain maka posisi dari angka dan posisi kotak koso ng selalu
berubah ubah, dan berbeda.
void playSquare(int selected) {
switch(squares[selected].location) {
case 1:
if(empty.location==2 ||
empty.location==4) { moveSquare(selected); }
break;
case 2:
if(empty.location==1 ||
empty.location==3 ||
empty.location==5) { moveSquare(selected); }
break;
case 3:
if(empty.location==2 ||
empty.location==6) { moveSquare(selected); }
break;
case 4:
if(empty.location==1 ||
empty.location==5 ||
empty.location==7) { moveSquare(selected); }
break;
case 5:
if(empty.location==2 ||
empty.location==4 ||
empty.location==6 ||
empty.location==8) { moveSquare(selected); }
break;
case 6:
if(empty.location==3 ||
empty.location==5 ||
empty.location==9) { moveSquare(selected); }
break;
case 7:
if(empty.location==4 ||
empty.location==8) { moveSquare(selected); }
break;
case 8:
if(empty.location==5 ||
empty.location==7 ||
empty.location==9) { moveSquare(selected); }
break;
case 9:
if(empty.location==6 ||
empty.location==8 ||
empty.location==0) { moveSquare(selected); }
break;
case 0:
if (empty.location==9) {
moveSquare(selected);
/* the game can only finish when the piece on field 0 is moved
check if the game is solved correctly */
checkResult();
}
break;
}
}
kemudian
disini menggunakan switch case dimana akan mengatul letak letak jika
berpindah si kotak kosong nya dengan menggunakan mouse untuk
memindahkannya... dan masih ada lagi sintak berikut berikutnya...
setelah itu kita akan run dan hasilnya sperti iniswitch(squares[selected].location) {
case 1:
if(empty.location==2 ||
empty.location==4) { moveSquare(selected); }
break;
case 2:
if(empty.location==1 ||
empty.location==3 ||
empty.location==5) { moveSquare(selected); }
break;
case 3:
if(empty.location==2 ||
empty.location==6) { moveSquare(selected); }
break;
case 4:
if(empty.location==1 ||
empty.location==5 ||
empty.location==7) { moveSquare(selected); }
break;
case 5:
if(empty.location==2 ||
empty.location==4 ||
empty.location==6 ||
empty.location==8) { moveSquare(selected); }
break;
case 6:
if(empty.location==3 ||
empty.location==5 ||
empty.location==9) { moveSquare(selected); }
break;
case 7:
if(empty.location==4 ||
empty.location==8) { moveSquare(selected); }
break;
case 8:
if(empty.location==5 ||
empty.location==7 ||
empty.location==9) { moveSquare(selected); }
break;
case 9:
if(empty.location==6 ||
empty.location==8 ||
empty.location==0) { moveSquare(selected); }
break;
case 0:
if (empty.location==9) {
moveSquare(selected);
/* the game can only finish when the piece on field 0 is moved
check if the game is solved correctly */
checkResult();
}
break;
}
}
gambar diatas yaitu gambar setelah di running dan tugas user atau pemain yaitu menyusunnya agar menjadi 123
456
789
cara bermain, klik dengan mouse angka atau square yang akan di pindah , lalu posisikan sperti di atas, jika sudah maka akan seperti nampak di bawah ini
karena
didalam sintak aa perintah mengganti warna, dan untuk mencocokan benar
atau ditak menggunakan bolean. kurang lebihnya sepert itucara bermain, klik dengan mouse angka atau square yang akan di pindah , lalu posisikan sperti di atas, jika sudah maka akan seperti nampak di bawah ini
Komentar
Posting Komentar