cerita sedikit tentang PI ku "Augmented Reality (AR) Gamelan"

seperti judulnya...., saya ingin merelitaskan alat alat musik gamelan ke dalam dunia nyata,gamelan yaitu sekumpulan alat musik dari jawa yaitu ada gong, siyem, kempul, kendang, kenong, gendher dan lain ain yang dimainkan bersama-sama kemudian menghasilkan harmonisasi suara yang baik. disini saya menggunakan gamelan sebagai objek dalam augmented reality, karena, salah satu dan utamanya yaitu untuk melestarikan alat musik ini dari perubahan jaman da kemajuan teknologi, sehingga tidak akan punah terkikis oleh waktu, karenanya dengan merealitaskan alat musik gamelan kepada masyarakat luas, berharap akan ada generasi yang peduli dan menjadi cinta warisan kebudayaan bangsa ini (indonesia).
kemudian dengan teknologi AR ini, membantu saya mengenalkan kepada mereka yang belum pernah tau, belum pernah melihat bentuk alat alat musik ini, mungkin banyak yan belum tahu, atay tahu bentuknya tidak tahu nama nya, bahkan memainkannya, karena di jawa sendiri pun sudah semakin sedikit alat musik ini yang memainkannya, dulu saya juga dapat pas SD 1998-2003 dn SMP 2003-2006 dan ketika SMA saya sudah tidak dapatkan lagi pelajaran tentang alat musik ini,  itu saja dulu saya tidak bisa memainkan semua alat-alat musik gamelannya.
langsung ke tahap pembuatan, di sini saya dalam membuat object nya menggunakan blender 3d yang bisa di download di website resminya dan gratis pula, kemudian untuk merealitaskan objek yang saya buat menggunakan ARtoolkit atau openspace 3d,a atau yang lainnya.... dalam penggunaan marker yaitu saya akan menggunakan satu marker induk saja, dan jika beberapa bagian di tutup dengan kertas putih polos akan menjadi marker lain dan akan memunculkan object yang lain pula.
tentang batasan masalah, dalam batasan masalah ini saya hanya mengabil 5 dari semua alat musik gamelan, dan kemudian saya hanya membuat bentuk, serta nama dan keretangan secukupnya.
sedikit gambar tentang object di blendernya, gambara di bawah desain objeknya

 

Komentar

  1. wow... kereen kang... PI-nya mengenai Blender + AR... :D
    kira kira di gundar tahun sekarang masih boleh ga ya kang ? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masih boleh mas bro,,, cuma mungkin harus ada interaksi nya... ga cuma sorot marker dan muncul doang...

      Hapus
    2. maksud ada interaksinya ada seperti Artificial Inteligent'y atau ada musuhnya gitu kang ?

      Hapus
    3. hahah...., keren banget kalo di kasih AI,.. mungkin gitu, juga bisa... jadi kaya game sederhana,..

      Hapus
    4. oh gitu toh, oke deh kang, makasih atas informasinya ya . ^^

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka Sepeda Motor Vixion 2012

Cara Membuat/ Menambah Pohon pada blender 3D