Tips Aman Mudik dengan Menggunakan Sepada Motor (Dengan Syarat tidak melebihi muatan)




Musim Mudik Sudah Tiba,   mudik berasal dari bahasa jawa yaitu Mulih Disik, atau "Pulang Dulu" bahasa Indonesianya,  pada H -7 sebelum lebaran, biasanya akan ada aktifitas baru yaitu perpindahan penduduk dengan jumlah yang sangat besar, dari kota kota besar menuju kampung/ halaman/ desa masing masing,  yang menjadi sorotan yaitu banyak moda angkutan yang di pakai, untuk pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran besarama keluarga masing masing. misal menggunakan Kapal Laut, pesawat terbang, kereta api, bus, mobil, dan sepeda motor, kali ini saya akan berbagi info tentang mudik menggunakan sepeda motor, walau pun sebenarnya sepeda motor tidak dirancang untuk perjalanan jauh, apalagi dengan muatan ber
Pada dasarnya sepeda motor, hanya di desain untuk 2 penumpang, yaitu 1 pengendara, dan 1 lagi pembonceng,  apalagi jika sepeda motor anda bukan sepeda motor bebek  maka tidak ada ruang untuk meletakan barang bawaaan saaat mudik. jika anda terpakasa mudik dengan menggunakan sepeda motor,   usahakan hanya 1 pengendara atau 1 pengendara dan 1 pembonceng,  jangan membawa anak-anak atau  balita, karena tingkat kejenuhan anak-anak lebih cepat ketimbang orang dewasa, akibatnya anak" akan mudah strees, janagn membawa barang berlebihan, misalnya 3 tas rangsel dan 2 kardus, cukup satu rangsel, masing masing, jadi ada 2 rangsel saja. 


  •   periksakan terlebih dahulu kendaraaan anda kepada pihak yang telah ahli di bidang nya (bengkel motor)
  • pemerikasaan ini meliputi, kelayakan rem depan/ rem belankang
  • kemdian service mesin meliputi ganti oli / ganti busi/ jika filter oli dan filter udara sudah tidak layak sebaiknya di ganti saja.
  • pemeriksaaan keausan ban, dan rantai motor anda, jika kembang ban sudah tidak terlihat atau gundul, sebagiknya ganti dengan ban baru.
  •  
  • periksakan kodisi lampu, meliputi lampu depan/utama, lampu rem, lampu sein,  agar jika perjalanan anda pada malam hari tidak terganggu. (dan ingat , nyalakan lampu utama pada siang dan malam )
 
  • setelah kendaraan anda sudah siap pastikan perlengakapan anda juga siap, pertama menggunakan pelindung tubuh yang aman / safety dengan menggunakan jaket yang tebal, selain unyuk melindungi anda dari benturan atau gersekan aspal ketika jatuh, juga melindungi tubuh anda dari angin, jadi tidak mudah masuk angin.
  •  gunakan sepatu berserta kaos kaki, agar kaki kita tetap hangat jika melakukan perjalanan malam hari,  dan gunakan satung tangan, agar tangan kita tetap terlindungi dari debu dan kerikil yang berterbangan. 
  • membawa jas hujan dan baju ganti,
  • jika anada menggunakan motor matic yang notabe nya boros bahan bakar, ada baiknya anda membawa tempat lain untuk menampung bahan bakar tersebut,  karena jika ikut rombongan dengan motor lain karena pada jalur mudik khususnya antrian  pengisian bbm, akan mengalami antrian yang cukup panjang,  jika anda  mengisis didaerah bekasi sampai dengan subang antran spbu berkisan 1/2 jam samapai 2 jam. 
siapkan alat" kendaran pada bagian bagasi kendaraan,
 
dan tetap patuhi rambu rambu lalu lintas, serta berkendara yang baik dan aman, agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain.

usahakan tidak mudik sendiri, mimimal 2 atau lebih sepeda motor, agar bisa saling membantu, jika terjadi kerusakan sepeda motor atau kecelakaan ringan,
 kemudian persiapan terakhir yaitu anda, siapakan diri anda, dalam artian jika anda kurang sehat, tunda dahulu . jika anda sehat utamakan selamat, dan sesering lah untuk istirahan jika anda merasa lelah atau ngantuk,  jangan memaksakan cepat sampai,...
 dan yang paling paling terrakhir, berdoa sebelum melakukan perjalanan mudik,
pesan saya ciptakan mudik aman . nyaman, dan senang....., 
selamat hari raya idul fitri mohom maaf lahir batin....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka Sepeda Motor Vixion 2012

Cara Membuat/ Menambah Pohon pada blender 3D