Cloud Computing




Nama    : Reno Setyo Aji
NPM     : 55410755
kelas     : 4IA15
Email    : reno.syrhen@gmail.com
_________________________________________________________________________________
Sistem Operasi yang berbasis Cloud Computing
_________________________________________________________________________________







Fakultas Teknologi IndustriJurusan 

Teknik Informatika

Universitas Gunadarma

2014




Abtraksi

Perkembangan jaman semakin maju dan modern, begitu juga perkembangan di dunia teknologi informasi, dan sesuatu yang berhubungan maupun yang mendukung dalam dunia teknologi informasi ini, terus di perbaharui, guna mengimbanginya,  tujuannya umum, yaitu untuk memudahkan user  atau pengguna. Baru baru ini muncul istilah “komputasi awan” atau cloud computing yaitu sebuah terobosan dalam jaringan informasi, yang memungkinkan semua memiliki segala sesuatu tanpa harus menginstalasi atau mempunyai

Pendahuluan

Komputasi awan, sekarang marak di perbincangkan dan mulai banyak di implementasikan pada beberapa perusahaan ataupun perseorangan, seiring dengan begitu banyak kemudahan, gambaran secara umum komputasi awan dimisalkan seperti kita berlangganan PDAM, kita hanya perlu menyediakan kolam penampungan dan membayar iuran perbulan, komputasi awan  yaitu PDAM-nya,  air akan tetap mengalir ke rumah pelanggan tanpa harus mempunyai pompa air, tanpa harus mempunyai sumur bor ,  jika pelanggan ingin menggunakan air dalam jumlah banyak atau sedikit bisa di sesuaikan, yang dilakukan pelanggan hanya membayar tergantung besar atau kecilnya air yang digunakan,  dan tak perlu memikirkan jika ada kerusakan sumur bor atau jaringan pipa, seperti itu juga cloud computing  atau komputasi awan yang bertugas sebagai penyedia, dan tempat penyimpanan.
Cloud computing memberikan beberapa kelebihan, yaitu karena semuanya ada dan terpusat di server, maka yang dilakukan pelanggan hanya menyediakan interface  atau media bisa juga wadah, untuk menampung yang pelanggan inginkan dan server memberikan, tak hanya sistem sistem dalah sebuah perusahaan, sekarang sistem operasi dalah sebuah komputer pun menggunakan cloud computing salah satunya yang akah di bahas yaitu joli OS.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu Tahap yang pertama adalah dengan melakukan studi pustaka untuk mencari literatur yang terkait dengan konsep cloud computing,. Kemudian tahap ke dua adalah mengumpulkan data-data yang ada mengenai komputasi awan yang mulai marak digunakan kemudian tahap ke tiga observasi terhadap sistem operasi berbasis cloud computing, kemudian tahap keempat melakukan analisis terhadap masalah yang ada.
Pembahasan

Komputasi Awan bisa juga di artikan suatu sistem terbaru dengan mengandalkan koneksi internet dan media penyimpanan serta keamanan dan kemudahan dalam pengaksesannya karena bisa kapanpun dan  dimanapun.
 Sejarah nya dimulai sekitar tahun 60 an  berbarengan dengan perkembangan internet dan web, kemudian  pada  tahun 2008  sistem Oprasi berbasis cloud mulai di terapkan,  salah satunya jolicloud  yang dipopulerkan oleh Netvibes Tariq Krim, karena awalnya sang pendiri ingin membangun sebuah laptop dengan menggunakan motede produksi yang ramah lingkungan, seletah itu ia mulai menekuni membangun sebuah sistem operasi dan bergabung dengan pengembang lainnya. Kemudian lahirlah joli versi perdana yaitu 1.0 pada tahun 2010, kemudian sampai sekarang ada versi 1.2
Jolicloud  atau  Joli OS  yaitu sistem operasi turunan dari linuk berati dapat dipastikan open source,  sistem operasi ini memungkinkan sebuah komputer yang mempunyai spesifikasi hardware minimun dapat menggunakan sistem operasi ini karena ringan dan memang tak tersimpan di komputer.
Data-data yang ada bahwa jolicloud  dapan di jalankan pada komputer pentium tiga,  tanpa mengalami kendala yang berarti, kemudian data berikutanya diperoleh dari website resmi joli   http://www.jolicloud.com  yang setelah digunakan di laptop asus i5 berjalan lancar, kemudian pada joli ini terdapat dua buah pilihan yang pertama apakah akan menggunakan sistem operasi joli saja, atau tetap menngunakan sistem operasi yang ada.
 Hasil Analisa
Dalam Menggunakan JoliOS hal yang perlu di perhatikan pada saat instalasi, yaitu seperti berikut
-          Langkah pertama mengunduh file pada website resmi jolicloud ukuran file 707MB
-          Langkah kedua menginstalasi file installer .exe
-          Kemudian langkah ketiga klik tpmbol get strarted
-          Kemudian mengisi formulir dan konfirmasi
-          Kemudian melakukan pengaturan atau custom  atau bisa juga standar atau default
-          Kemudian restrat dan akan muncul pada booting  pilihan joliOS
-          Kemudian siap digunakan dengan berbagai macam aplikasi di awan  yang dapat digunakan
Analisa lain dapatkan menggunakan joliOS  tanpa melakukan login Ijawabannya bisa, akan tetapi sistem operasi ini tidak bisa memuat data-data yang semestinya anda punya, atau data-data yang sebelumnya digunakan layaknya seperti google drive yang harus mempunyai akun, tujuannya pasti untuk keamanan dan kerahasiaan setiap pengguna dan memberikan kemudahan
Pertanyaan yang sering muncul, dapatkan digunakan secara offline  jawabanya tidak dapat karena ibaratnya hanya akan ada rumah saja, tanpa ada perabotan didalamnya.

 Daftar Pustaka
  1. http://fajar337.blogspot.com/2011/07/cara-menginstal-jolicloud-pada-pc.html (dilihat pada hari saptu 29 maret)
  2. http://kaziz-fn.blogspot.com/2010/11/mecoba-os-jolicloud.html (dilihat pada hari saptu 29 maret)
  3. http://www.jolicloud.com/jolios/download/jolicloud-express/thank-you (dilihat pada hari saptu 29 maret)
  4. http://www.cyber4rt.com/2012/05/tentang-joli-os-operating-system.html ( dilihat pada hari saptu 29 maret)
  5. http://bayyuaji.wordpress.com/2014/03/17/definisi-dan-penerapan-komputasi-modern/#more-734 (dilihat pada hari kamis 27 maret)
  6. http://neodv8.blogspot.com/2013/12/contoh-jurnal-ilmiah-berbagai-jurusan.html (dilihat hari kamis 27 maret)
  7. logo Gunadarma diambil dari http://thearczoro.blogspot.com/2010/09/kesan-pertama-saat-masuk-universitas.html ( hari saptu 29 maret.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka Sepeda Motor Vixion 2012

Cara Membuat/ Menambah Pohon pada blender 3D