Hubungan Komputasi Paralel, Pemrosesan Paralel (Parallel Processing) dengan Komputasi Modern

Sebuah teknologi yang semakin hari semakin berkembang baik dari segi interface maupun performancenya memberikan inovasi-inovasi yang terpikirkan untuk menjadikannya semakin lebih baik. Salah satunya adalah teknik komputasi paralel dan pemrosesan paralel (parallel processing). Pada pertemuan kali ini kelompok kami akan menjelaskan hubungan dari komputasi paralel dan pemrosesan paralel (parallel processing) dari sisi proses tapi sebelumnya kami akan menjelaskan secara singkat pengertian dari komputasi.
Komputasi Modern
Komputasi itu sendiri adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada semudah mungkin dengan hasil yang maksimal menggunakan sebuah atau lebih algoritma. Komputasi modern itu sendiri merupakan sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi untuk menyelesaikan masalah dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena itu pada saat kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.
sumber M
Komputasi Paralel
Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.
sumber S
Pemrosesan Paralel (Parallel Processing)
Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tujuan utama dari pemrosesan paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. 
(http://bagusonthespot.blogspot.com/2012/04/parallel-processing.html)
Hubungan Komputasi Paralel, Pemrosesan Paralel (Parallel Processing) dengan Komputasi Modern
Komputasi modern menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan satu algoritma atau beberapa algoritma, jika dalam kasus yang besar dimana didalamnya terdapat masalah-masalah yang kapasitasnya besar dan lebih baik jika diselesaikan dalam waktu yang singkat maka dibutuhkan sebuah metode/teknik yaitu komputasi/pemrosesan paralel dimana di dalamnya dapat mengerjakan banyak pekerjaan secara bersamaan dalam waktu yang sama sehingga banyak juga masalah yang terselesaikan dalam waktu yang singkat. Hal itu menunjukan sebuah performa komputasi yang dimaksimalkan dan ditingkatkan untuk sebuah penyelesaian masalah.
Keunggulan
·         Waktu dalam penyelesaian masalah akan lebih cepat
·         Kecepatan pengiriman data semakin tinggi
Kelemahan
·         Banyak perangkat keras yang dibutuhkan
·         Membutuhkan daya yang besar
(http://rzbeuty.blogspot.com/2012/03/artikel-komputasi-processing-parallel.html)
                                                     
4IA15
Anggota Kelompok :
Ahmad Mujahid
Rahmat Ramdhani
Reno Setyo Aji

Luis Afonso

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letak Nomor Mesin dan Nomor Rangka Sepeda Motor Vixion 2012

Cara Membuat/ Menambah Pohon pada blender 3D